4 Cara Membersihkan Virus Di HP Android dengan Simple !

Posted on

Inilah 4 cara membersihkan virus di HP android dengan mudah !. HP memiliki banyak peran penting di dalam kehidupan. Namun, saat HP terkena virus tentunya sangat mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara membersihkan virus di HP android Anda.

Dengan demikian, saat HP terinfeksi virus Anda dapat menangani dengan cepat dan tepat sehingga Anda dapat menyelamatkan data-data penting di HP Anda.

Sebelumnya, anda mungkin perlu mengetahui gejala dan ciri serangan virus. Jika terjadi hal-hal sebagai berikut maka segera lakukan penanganan dengan tepat.

Cara Membersihkan Virus Di HP Android

#ARTIKEL REKOMENDASI :

Ciri-ciri HP yang Terkena Virus

  1. Penggunaan Internet yang Tidak Wajar
    Pemakaian internet yang tidak wajar merupakan ciri HP Anda terkena virus, salah satunya virus malware. Virus tersebut dapat mencuri informasi kontak telepon, nomor kartu kredit, password dan lain-lain. Setelah itu, data-data tersebut akan dikirimkan ke pembuat malware sehingga merugikan Anda.
  2. Sering Terjadi Eror
    Adanya virus menyebabkan HP sering mengalami eror dan kinerjanya melambat. Hal ini akibat dari adanya aktivitas malware. Selain itu, baterai HP Anda akan cepat habis meski belum digunakan. Solusinya, Anda harus menghapus  malware sebelum kerusakan HP Anda lebih parah.
  3. Adanya Gangguan Program
    Contohnya adalah adanya gangguan saat menelpon yang tiba-tiba sambungan terputus, padahal jaringan sinyal bagus. Selain itu, beberapa program menjadi rusak. Hal yang sama juga terjadi pada beberapa aplikasi karena virus dapat masuk ke aplikasi secara sembunyi- sembunyi.

Cara Membersihkan Virus Di HP Android

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan virus di hp. Melalui android langsung maupun dengan cara menghapus virus di hp lewat komputer. Tentunya kami akan menghadirkan cara yang mudah.

Secara umum cara ini bisa digunakan untuk membersihkan virus di semua merek hp seperti xiaomi, samsung, vivo, oppo, advance, iphone, coolpad, inflix, asus zenfone dll.

1. Instal Aplikasi Antivirus

Anda dapat menginstal aplikasi anti virus saat kerusakan belum parah. Setelah diinstal Anda lakukan scanning. selanjutnya, Anda akan memperoleh notifikasi tentang aplikasi yang terkena infeksi. Saat scanning sudah selesai, Anda hapus file yang terinfeksi virus.

Beberapa aplikasi antivirus yang dapat Anda gunakan antar lain:
 Anti virus AVG untuk android
 Anti virus Bidfender untuk android
 Anti virus Kerpersky
 Anti virus Avast Mobile Security untuk android

Untuk antivirus laptop dan komputer kami rekomendasikan Smadav Pro 2019, sudahkah anda coba ?

2. Uninstall Aplikasi yang Bermasalah

Anda uninstall aplikasi yang bermasalah. Anda dapat mengecek daftar aplikasi yang terkena virus pada list aplikasi setelah proses scanning selesai. Adab pun cara untuk uninstal aplikasi adalah:
 Buka pengaturan
 Pilih aplikasi
 Atur aplikasi
 Pilih aplikasi yang terkena virus dan akan diuninstal
 Pilih hapus instalan
Setelah melakukan proses uninstall dan HP masih eror maka Anda disarankan untuk melakukan pengaturan dari awal. Ini adalah alternatif cara menghapus virus di hp tanpa aplikasi.

3. Melakukan Pengaturan Awal

Semua aplikasi pada HP harus dihapus, oleh karena itu, pastikan sebelum Anda menghapus Anda telah membackup data penting seperti daftar nomor telepon, musik, foto dan lain-lain. Cara melakukan master reset:
 Klik pengaturan
 Pilih privasi
 Pilih reset data pabrik
Apabila Anda ingin menyelamatkan data pada meorycard maka jangan dicentang bagian “Format penyimpanan USB”
 Pilih reset data telfon

4. Lakukan Pencegahan

Cara mencegahnya adalah dengan menginstall anti virus sebelum aplikasi lain diinstal. Anda harus memastikan aplikasi yang akan didownload resmi dan terdaftar di playstore.

Tujuannya adalah meminimalisir resiko terkena virus. Virus tersebut berbentuk trojan yang dapat menginfeksi sistem pada HP.

Virus dapat masuk ke HP melalui beberapa cara seperti;

  • Menginstal aplikasi bukan dari plasystore
    Apabila Anda menginstall aplikasi dari sumber yang tidak jelas dapat memicu HP Anda terkena virus. Adanya virus mengganggu fungsi HP android Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mempercayakan download aplikasi melalui playstore.
  • Anda mentransfer data antar HP atau dari komputer
    Oleh karena itu, sebelum Anda mentransfernya, pastikan data tersebut terbebas dari virus.
  • Download data di internet menggunakan situs tidak aman
    Saat Anda mendownload MP3, video atau file lainnya maka Anda harus memastikan bahwa situs yang Anda gunakan aman dan terbebas dari virus.
  • Mengunjungi situs yang memiliki virus
    Pada saat Anda tidak sengaja membuka situs bervirus, Anda akan mendapatkan notifikasi peringatan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan tidak mengulangi membuka situs tersebut.

Banyak cara membersihkan virus di HP android yang dapat Anda jadikan sumber referensi. Salah satunya adalah dengan melakukan uninstall aplikasi di HP Anda. Anda boleh mencari referensi lain di google.

Diharapkan setelah melakukan uninstall, HP Anda akan kembali normal dan terbebas dari virus. Namun tentunya anda bisa menggunakan Cara Membersihkan Virus Di HP Android sebelum memutuskan untuk melakukan instal ulang.

4/5 (1)

Berikan Rating

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *